Sabtu, 02 November 2013

COMPO SAMPARI,BUKAN HANYA CEREMONIAL



COMPO SAMPARI,BUKAN HANYA CEREMONIAL 
          
KM KEMPO: Sesuai dengan yang di ajarkan oleh baginda Rasullullah SAW, setiap anak laki laki  harus di sunat atau di hitan,.dalam pelaksaan nya, peyelenggaraanpenghitanan di di lakukan dengan berbagai cara .ada yang melangsungkan dengan cara
mendatangi atau mendatangkan tenaga  medis dan lakukan penghitanan tanpa ada acara pendahuluan atau hanya acara kecil kecilan saja ,tetapai ada juga yang melakukan secara besar besaran dengan melakukan acara beberapa rangkaian terlebih dahulu.jika di lakukan secara  besara besaran akan di lakukan beberapa acara pendahuluan,seperti ngaji jama,kapanca , dan juga compo sampari. Compo sampari adalah sebuah istilah yang di pakai oleh masyarakat dompu dan kab bima pada sebuah acara pra peyunatan ,compo (semat ,penyematan ),sampari (keris), jadi compo sampari adalah peyematan keris kepada anak laki laki  yang sudah di hias dan mengenakan pakaian adat, biasanya compo sampari ini di lukakan oleh seorang tokoh agama atau orang orang tertentu yang memiliki kemampuan dan di sertai doa doa tertentu.biasanya lakukan malam hari sebelum di lakukan kegiatan penyunatannya. compo sampari merupakan acara yang  sakral. Setelah di sematkan anak anak tersebut akan menghunuskan keris dan menghunuskan keris dan mengacungkan  ke atas sambil menyampaikan apa yang di cita citakannya.
Menurut seorang tokoh masyrakat yang di wawancarai KM Kempo, minggu 21 0ktober 2013. H Syafrudin, acara Compo sampari bukan hanya untuk melengkapi acara pada sebuah acara penyunatan, tetapi lebih dari itu acara ini untuk menberikan dorongan moral bagi anak anak kami yang setelah dia besar nanti agar menjadi anak  yang peberani, bertanggung jawab ,berani membela kebenaran, dan  berguna untuk masyarakt , bangsa dan agama  kelak.






















,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar