Selasa, 05 November 2013

PK GSC GELAR KELAS GIZI



PK GSC GELAR KELAS GIZI

KM KEMPO: Menindak lanjuti hasil pendataan yang di lakukan oleh pendamping Desanya, tentang penderita Gizi, baik bawah garis merah maupun kurang Gizi pengelola kegiatan (PK) Desa Dorokobo, menggela rKelas Gizi. Kelas gizi ini di peruntukan bagi bagi Empat orang pasien penderita Kurang gizi.
Menurut Abdul faid, sekretaris PK GSC Desa Dorokobo yang kami wawancarai senin 04 November 2013, kelas ini bertujuan untuk memberikan  kepada para orang tua dari penderita contoh tentang  pemilihan menu cara menyiapkan menu makanan, bahan bahan serta cara pengolahan makanan untuk menanggulangi dan memulihkan anak anak penderita gizi. Setelah menu selesai di siapkan, langsung di sajikan untuk di nikmati oleh para pasien. Kegiatan berlangsung selama 12 hari untuk tahap pertama,selanjutnya di lakukan evaluasi, jika hasilnya memuaskan atau ada peningkatan dalam dua belas hari maka kegiatan akan di hentikan, tetapi jika belum ada atau perkembangan masih belum singnifikan, maka kegiatan akan di lanjutkan sampai 78 hari pada tahap  ke dua setelah di lakukan penjadwalan ulang.
Penyiapan menu makanam bagi penderita giz di lakukan oleh kader kader posyandu  yang sebelum telah mendapatkan pelatihan yang di latih oleh kader gizi dari puskesmas. Kegiatan juga di bawah bimbingan dan pengawasan  Bidan desa sebagai tenaga tehnik bidang kesehatan. Salah seorang orang tua penderita gizi, Mariam, menyatakan sangat berkasih atas gagasan pemerintah atas program tersebut, sehingga kesehatan anaknya bisa pulih kembali. Falitator kecamatan (FK) GSC Fakarudin, yang kami hubungi menyatakan jumlah kelas gizi yang ada di kecamatan kempoberjumlah 17 kelas denagan rincian 1 di Desa Dorokobo, 4 (empat) Ta a, 4 (empat) Kempo, 4 (empat) Soro, 1 (satu) Konte, 1 (satu)  Desa Songgajah dan 2 (dua) Tolo kalo dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 155 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar